Thursday 15 January 2015

6 HAL YANG MEMBUAT KUOTA INTERNET CEPAT HABIS

Halo para sahabat SUKA GADGET, smartphone tanpa koneksi internet bagai romeo tanpa juliet, ibaratnya sebuah mobil sport di tengah kemacetan, seolah-olah sama saja dengan mobil biasa. Di jaman sekarang ini para penyedia layanan seluler telah menyediakan kemudahan bagi konsumennya untuk dapat menggunakan internet dengan adanya banyak pilihan paket internet. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki, biasanya di setiap paket internet memiliki kuota pemakaian data yang berbeda-beda tergantung dari harga dan jenis paket internet yang anda pilih.  Kuota merupakan batasan penggunaan layanan data yang disediakan oleh penyedia layanan internet dan disaat kuota habis anda tidak bisa menggunakan layanan internet seperti biasanya kecuali anda terkoneksi dengan jaringan wifi. Adapun paket unlimited yang disediakan oleh penyedia layanan seluler memiliki keterbatasan dimana kecepatan akan menurun jika melewati batas pemakaian wajar.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kuota internet cepat habis, dan 6 hal berikut ini yang perlu anda perhatikan adalah hal-hal yang bisa membuat kuota internet anda cepat habis, diantaranya:

1. Mengunggah video ke youtube, untuk mengunggah video ke youtube anda bisa menghabiskan banyak kuota, hal ini tergantung pada setelan dan faktor lainnya. Untuk mengunggah video beresolusi HD ke youtube anda bisa menghabiskan kuota hingga 200 Mb permenit. Bayangkan kuota internet yang anda habiskan jika anda sering mengunggah video dengan resolusi HD.

2. Video Chat, untuk anda yang senang melakukan video chat bersiap-siaplah kuota internet anda akan cepat habis. Untuk melakukan video chat, anda bisa menghabiskan kuota 3 Mb permenit, untuk itu jika anda ingin menghemat kuota sebaiknya kurangi kegiatan ini.

3. Game online, jika anda adalah seorang yang suka bermain game atau seorang gamer, anda harus memperhatikan hal ini jika ingin menghemat kuota internet anda. Ada beberapa game online yang
lumayan bisa menguras kuota internet anda, game yang bergenre real-time action seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout bisa memakan kuota hingga 1 Mb permenit. Dan biasanya orang bermain game bisa berjam-jam, bisa dibayangkan kuota internet yang akan dihabiskan.

4. Streaming Music, melakukan streaming music memang mengasikkan, kita bisa mendengarkan lagu kapanpun dan dimanapun asal ada koneksi internet. Banyak lagu yang bisa kita nikmati tanpa harus membebani memory card untuk menyimpannya, namun di lain sisi kuota internet anda yang akan cepat berkurang. Untuk memutar music beresolusi 320 Kbps bisa menghabiskan kuota internet sebesar 2,4 Mb permenitnya, dan dalam sejam anda sudah menghabiskan 144 Mb.

5. Streaming Video, sama halnya dengan streaming music, streaming video juga sangat mengasikkan. Banyak video yang bisa kita tonton di internet, dan bagi sebagian orang yang ketinggalan acara favoritnya di TV biasanya meggunakan fasilitas streaming video agar tidak ketinggalan cerita. Tapi kuota yang dihabiskan lumayan besar bisa mencapai 50 Mb permenit. Bayangkan anda streaming video selama 2 jam, anda bisa menghabiskan 600 Mb kuota internet.

6. Download,  hal yang terakhir ini sudah pasti akan menguragi kuota internet anda. Download file dengan size besar sudah tentu akan banyak menghabiskan kuota internet anda, jadi bagi anda yang senang download jika ingin menghemat kuota internet, anda harus mengurangi kegiatan ini.

Demikian tadi 6 hal yang bisa membuat kuota internet anda cepat habis. Semoga bisa memberi manfaat dan silahkan untuk dishare.



                                                                                                                                                                                                                                           
Artikel Terkait

No comments :

Post a Comment