Thursday 18 December 2014

8 TIPS MEMBELI LAPTOP SECOND


Halo para sahabat SUKA GADGET, hari ini saya akan membahas tips untuk membeli laptop second alias bekas. Mungkin diantara para sahabat ada yang ingin membeli laptop tapi terkendala dengan dana yang minim untuk mendapatkan sebuah laptop baru maka dengan membeli laptop second bisa menjadi solusinya.
Akan tetapi kita perlu berhati-hati dalam membeli sebuah laptop second agar tidak seperti membeli kucing dalam karung, maunya dapat laptop dengan harga murah tapi ujung-ujungnya harus keluar duit lebih karena laptop yang kita beli ternyata rusak. Baiklah berikut ini tips dari saya untuk membeli laptop second,
  1. Perhatikan kondisi fisik laptop dari semua sisi apakah ada bekas terjatuh atau tidak karena jika laptop pernah jatuh bisa berpengaruh terhadap kondisi hardware didalamnya.
  2. Perhatikan stiker segel garansi pada baut laptop apakah masih utuh atau tidak, jika tidak utuh maka besar kemungkinan laptop tersebut pernah rusak atau diservis.
  3. Perhatikan LCD laptop, cobalah untuk mengganti background dengan warna solid hitam dan putih untuk mengetahui apakah ada dead pixel. Cobalah melakukan buka-tutup layar dengan kondisi laptop masih hidup apakah ada gangguan pada tampilan layar untuk memastikan kabel flexible LCD tidak rusak. Periksalah disetiap sisi LCD apakah ada ruang renggang atau tidak, karena jika ada ruang renggang besar kemungkinan LCD pernah diganti.
  4. Perhatikan Keyboard & Touchpadnya, bukalah aplikasi notepad atau sejenisnya lalu coba ketikkan semua tombol dan gunakan touchpad untuk memastikan semuanya berfungsi normal.
  5. Perhatikan Hardisknya, cobalah untuk mengcopy/paste file antar folder dan partisi apakah berjalan lancar atau lambat, jka lambat kemungkinan hardisknya sudah rusak.
  6. Perhatikan Battery, cobalah untuk menggunakan laptop untuk beberapa menit dan lihat persentase battery apakah normal atau cepat habis, dengan begitu kita akan tahu kondisi battery masih bagus atau tidak.
  7. Perhatikan Charger, usahakan disaat membeli laptop second kita dapat mencoba chargernya apakah setelah dicas baterry mau mengisi dengan normal atau tidak.
  8. Perhatikan USB & CD/DVD Romnya, pada saat membeli laptop second bawalah sebuah flaskdisk dan CD untuk memastikan colokan USB & CD/DVD Romnya berfungsi dengan baik.
 Ya itulah 8 tips membeli laptop second, jika dirasa bermanfaat silahkan dishare.

Artikel Terkait

No comments :

Post a Comment